Friday, November 3, 2017

Cara Instal dan Panduan Dapodik 2018 yang Baik dan Benar



Panduan Aplikasi Dapodik 2018

Setelah menunggu dengan gelisah akhirnya tim manajemen dapodik kemdikbud merilis dapodik versi terbarunya yakni dapodik versi 2018. Setelah merampungkan  masa pengujian atau testing, tim manajemen dapodikdasmen kemdikbud telah resmi meluncurkan aplikasi yang sudah seperti pasangan tak terpisahkan buat operator sekolah yang satu ini. Karena baru maka diperlukan Panduan Cara Install Dapodik 2018 dengan Baik dan Benar.
Pada aplikasi terbaru ini, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian. Meskipun secara tampilan dan navigasi aplikasi dapodik versi 2018 didesain sama dengan aplikasi generasi sebelumnya. Hal ini bertujuan memudahkan proses penginputan data di satuan pendidikan. Dari segi tampilan hal yang tampak berbeda adalah konfigurasi warna yang berbeda pada login dan registrsi sehingga memberi kesan lebih segar.

Dari sisi system, aplikasi dapodik 2018 dirancang  untuk dapat menghasilkan kualitas data yang lebih baik. Struktur database telah mengalami pembaruan sesuai dengan kebutuhan pemanfaatan data. Dengan ditanamkannya  aturan validasi  yang baru  diharapkan dapat mengurangi kekeliruan penginputan data serta dapat  meningkatkan kebenaran dan kelengkapan data.

Aplikasi Dapodik 2018 bersifat installer, artinya aplikasi dapodik versi sebelumnya yakni dapodik 2017c tidak bisa di upgrade ke Dapodik 2018, melainkan harus melakukan install ulang aplikasi dapodik 2017.

Pembaruan yang paling menonjol dari Aplikasi Dapodik 2018 adalah dikembangkannya fitur baru yaitu "Jadwal dan Ekstrakurikuler". Menu ini terbilang baru hadir pada aplikasi yang baru saja di rilis tanggal 4 Agustur 2018.


Daftar Perubahan Penting Pada Dapodik 2018

Penambahan Menu Jadwal Pelajaran

Jadwal pembelajaran pada aplikasi Dapodik 2018 mencakup pemetaan jumlah jam mengajar guru di kelas sesuai dengan hari maupun urutan jam pembelajaran diselenggarakan. Untuk lebih jelasnya silakan baca Cara Mudah Mengisi Jadwal Pelajaran Dapodik 2018.

Penambahan kolom anak ke-berapa pada data Peserta Didik
Pengisian kolom anak ke-berapa ini mengacu / berdasarkan urutan pada kartu keluarga

Isian secara otomatis untuk sarana yang berada dalam prasarana jenis Ruang Kelas/Teori
Sarana yang  seharusnya  tersedia pada aplikasi dapodik ditandai dengan warna merah pada tabel sarana. untuk mengisi data sarana tersebut lakukan langkah sebagai berikut: pilih simpan, maka semua sarana yang berwarna merah akan tersimpan.

Isi data jumlah dan kelaikan sarana apabila terdapat sarana yang belum dimiliki, hapus data sarana tersebut, maka sarana tersebut akan kembali ditandai merah. Hal ini menunjukkan bahwa sarana tersebut seharusnya tersedia namun belum dimiliki oleh sekolah.

Penambahan tombol pada blockgrant untuk pemetaan dengan prasarana
Pada aplikasi dapodik versi 2018 operator sekolah dapat melakukan mapping penggunaan dana blokcgrant untuk Prasarana, jika isian mapping di lakukan pada menu isian blockgrant operator tidak perlu melakukan pengisian kembal i pada sarpras dihasi lkan blockgrant


Penambahan sheet baru untuk rekap jadwal pada unduhan profil sekolah
Aplikasi dapodikdasmen memfasilitasi sekolah yang ingin melihat hasil input data dapodik dalam bentuk profil yang dapat diunduh pada aplikasi dapodik secara offline. Pada aplikasi dapodik versi 2018 terdapat penambahan sheet baru yakni rekap jadwal hasil pengerjaan aplikasi dapodik.

Penambahan referensi Pengurus Komite Sekolah
Pada data rinci sekolah jenis satuah tugas di Kepanitian Sekolah terdapat referensi untuk mengisi data komite sekolah yang tergabung dalam kepanitiaan sekolah. Menu Kepanitiaan Sekolah di dalamnya mencakup data Komite Sekolah dan juga Data Penyelenggara Sekolah Aman.

Penambahan referensi Kepala Sekolah menjadi tugas utama
Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 Tahun 2017, mulai awal tahun ajaran baru 2017/2018 kepala sekolah memiliki  beban kerja sepenuhnya untuk melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan.

Maka, pada aplikasi dapodik terbaru versi 2018 mengakomodir hal tersebut dengan adanya jenis PTK Kepala Sekolah.

Penambahan referensi UKG untuk data rincian Nilai/Test pada PTK
Penambahan referensi UKG pada nilai test untuk guru yang mengikuti Uji Kompetensi Guru. Referensi ini ditambahkan  untuk mengakomodir kelengkapan data guru dalam proses pemanfaatan data di direktorat teknis.

Penambahan referensi jenis rombel Ekstrakurikuler pada menu Rombongan Belajar
Pada aplikasi versi 2018 ini menu rombongan belajar dibagi menjadi dua yaitu jenis rombel regular dan jenis rombel ekstrakurikuler. Hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam pengisian rombel regular dan ekskul.

Penambahan tabulasi rincian Ekstrakurikuler pada menu Sekolah
Dengan terakomodirnya mata pelajaran dan program ekstrakurikuler pada tabel rombongan belajar, maka pengisian ini juga ditambahkan pada menu rincian sekolah untuk mengelompokan jenis ekstrakurikuler yang terdaftar di sekolah berdasarkan rombel ekskul yang sudah ditambahkan. Penjelasan terkait rombel ekskul dapat di baca pada Cara Membuat Rombel Ekskul Dapodik 2018.

Perubahan tampilan pada menu Peserta Didik
Jika yatim dan atau piatu maka baris data akan berwarna. Pembaruan ini dibuat untuk memudahkan dalam mencari peserta didik yang memiliki kriteria khusus yaitu: Peserta didik yang tinggal di panti asuhan atau Peserta didik yatim piatu yang ayah dan atau ibunya sudah meninggal (diisi pada kolom pekerjaan ayah atau ibu)

Penambahan validasi jika terdeteksi guru yang mengajar ganda pada jadwal
Validasi untuk mendeteksi guru yang mengajar pada jadwal yang sama di rombongan belajar yang berbeda pada jadwal mengajar.

Penambahan validasi ketika masih ada pembelajaran yang belum dipetakan ke dalam jadwal.
Akumulasi jam yang belum dipetakan dalam jadwal mengajar akan terkena  validasi secara otomatis pada aplikasi dapodik. Dimaksudkan untuk mengingatkan terdapat perbedaan antara jam yang di input pada pembelajaran dengan data maping jadwal mengajar.

Pengisian data pada no rekeing bagi peserta didik pemegang KIP oleh pusat
Isian pada no rekening bagi peserta didik yang memiliki KIP, dilakukan oleh tim pusat berdasarkan data pemegang KIP di sekolah.

Selain Perubahan dan pembaruan di atas juga terdapat pembaruan minor lainnya yang dapat di secara lebih rinci dipahami pada file Panduan Dapodik 2018 berbentuk pdf pada tautan di bawah.
Download Panduan Dapodik 2018.pdf
Kumpulan Formulir Dapodik 2018.rar